Apr 29, 2024 Last Updated 1:12 AM, Apr 19, 2024

Apakah Prabowo “fit and proper”?

Published: Dec 06, 2023
Dari tiga pria yang mencoba menjadi presiden berikutnya Indonesia, satu orang menonjol, dan bukan karena alasan yang tepat.

Pat Walsh

Artikel ini adalah ringkasan dari latar belakang komprehensif tentang Prabowo Subianto.

English version

Sementara Australia mulai istirahat selama liburan panjang musim panas dan sebagian besar acuh terhadap apa yang terjadi di negara tetangganya, Indonesia diserbu demam pemilihan. Pada 14 Februari 2024, lebih dari 200 juta penduduk Indonesia akan memutuskan siapa yang akan mereka pilih sebagai presiden baru, anggota parlemen dan perwakilan provinsi dan kabupaten.

Dari tiga pria yang mau menjadi presiden berikutnya Indonesia, satu orang menonjol. Bukan karena dia adalah Barack Obama-nya Indonesia, tetapi karena alasan yang kurang menguntungkan. Calon yang dimaksud adalah Prabowo Subianto.

Prabowo berbeda dari pesaingnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dalam banyak hal yang signifikan. Ini termasuk keterkaitan pre-reformasinya dengan era Suharto yang telah dikecam, catatan militernya, terutama selama perang Indonesia di Timor Timur, ketidakpeduliannya terhadap supremasi hukum, dan latar belakang hak asasi manusia yang mencurigakan. Selain itu, Prabowo telah mencalonkan diri untuk jabatan tinggi setidaknya dua kali sebelumnya tetapi belum pernah terpilih untuk jabatan apa pun atau memiliki pengalaman legislatif.

Sebaliknya, saingannya jauh lebih segar, suatu kekurangan yang coba diatasi oleh Prabowo dengan menunjuk seorang Indonesia yang jauh lebih muda sebagai pasangannya. Ganjar dan Anies yang jauh lebih muda berasal dari masyarakat sipil, memiliki kredensial akademis, legislatif, dan tata kelola yang kuat, tidak terlibat dalam tuduhan hak asasi manusia, dan tidak terlibat dalam kekerasan di Timor Timur.

Mereka mewakili sebuah Indonesia yang modern, pasca-reformasi dan segar, dan yang dapat memamerkan yang terbaik dari Indonesia dan menempatkannya sebagai pemimpin yang dibutuhkan dunia.

Defisit demokratis Prabowo disebutkan dalam media Indonesia, terutama media sosial. Namun, anehnya, media Indonesia sebagian besar diam tentang rekam jejaknya di Timor Timur. Kelalaian ini melayani Prabowo, tetapi tidak melayani pemilih dengan baik. Ini tinggalkan pemilih dalam kegelapan tentang periode panjang yang mengungkap banyak tentang praktik dan nilai-nilainya yang, bisa dikatakan, mungkin mencirikan kepresidenannya jika terpilih. Saya tidak ingin memberi tahu warga Indonesia bagaimana cara memilih. Tetapi untuk menjalankan kewajiban demokratisnya dengan tanggung jawab, pemilih harus memiliki akses ke gambaran lengkap untuk menilai apakah seorang kandidat layak dan pantas memimpin bangsa mereka yang penting dan mewakilinya kepada dunia.

Kopassus

Berdasarkan bukti yang disajikan kepada mereka, komisi kebenaran dan rekonsiliasi Timor Timur, yang dikenal sebagai CAVR, menyimpulkan bahwa militer Indonesia, dan khususnya Pasukan Khusus Kopassus, bertanggung jawab atas pelanggaran HAM dan kejahatan perang selama pendudukan Indonesia di Timor Timur, 1975-1999.

Sebagai anggota dan kemudian komandan Kopassus, Prabowo menjalani setidaknya empat tugas dinas di Timor Timur. Ini diacu dalam dokumen latar belakang terlampir. CAVR menunjukkan bahwa Prabowo sama sekali tidak bersifat tak bersalah atau hanya berperan kecil.

Laporan CAVR menunjukkan kemunculan berulang Prabowo di Timor Timur yang kelam. Ini pada gilirannya menunjukkan ketidakpedulianya terhadap hak asasi manusia, aturan perang (yang kita dengar begitu banyak dalam konteks serangan Israel di Gaza saat ini), dan kadang-kadang sikap sembrono terhadap atasannya sendiri. Dia dikatakan telah melewati komandan setempat di Timor Timur pada tahun 1983 untuk merusak proses perdamaian. Pada waktu yang lain, dia diperintahkan keluar dari Timor Timur oleh atasannya. Dan, sesuai dengan metodenya yang tidak konvensional, dia mengkloning milisi Timor Timur untuk melakukan pekerjaan kotor.

Maka tidak mengherankan bahwa dia diberhentikan dengan tidak hormat karena penculikan para pendemo pro-reformasi di Jakarta pada tahun 1998. Atau bahwa tiga presiden AS melarangnya masuk ke AS karena melanggar hak asasi manusia di Indonesia dan Timor Timur. Bagi mereka yang bersedia melihat, pola ini sudah jelas. Prabowo adalah orang yang bersedia melengkung atau mengabaikan prinsip dan menggunakan koneksi militer dan tingkat tinggi demi kepentingannya.

Prabowo membantah tuduhan ini. Pembelaan dirinya termasuk klaim bahwa Indonesia hanya campur tangan untuk membantu menyelesaikan 'konflik internal' di Timor Timur. Jika ini benar, seseorang berhak mengamati bahwa membutuhkan 24 tahun untuk menyelesaikan 'konflik internal' di sebuah negara kecil yang, tidak seperti Indonesia, tidak menerima bantuan militer eksternal, tidak begitu mendukung kompetensi militer Indonesia, pasukan khusus 'Kopassus', atau bahkan Prabowo, salah satu perwira di dalamnya.

Dia juga mengklaim bahwa dia tidak ada di Timor Timur saat berbagai pelanggaran terjadi. Memang benar bahwa dia tidak berada di Timor Timur pada tahun 1999 ketika ancaman perang sepenuhnya dilepaskan, sebuah peristiwa yang menghasilkan temuan dari empat penyelidikan bahwa pelanggaran hak asasi manusia yang sangat serius kembali terjadi terhadap warga sipil Timor Timor di hadapan komunitas internasional.

Dua dari penyelidikan ini dilakukan oleh pihak Indonesia. Keduanya menemukan bahwa militer Indonesia bertanggung jawab. Komisi untuk Kebenaran dan Persahabatan (CTF) yang didirikan oleh Indonesia dan Timor-Leste bersama, menyimpulkan: 'Kelompok milisi pro-otonomi, TNI, pemerintah sipil Indonesia, dan Polri semuanya bertanggung jawab secara institusional atas pelanggaran hak asasi manusia sangat serius yang ditargetkan terhadap warga sipil'.

Prabowo tidak disebutkan namanya. Tetapi jelas bahwa, suka atau tidak suka, militer Indonesia dan lembaga lain yang disebutkan oleh CTF tidak tiba-tiba muncul di Timor Timur pada tahun 1999 atau hanya mulai berperilaku buruk saat itu, sama seperti perang antara Palestina dan Israel tidak dimulai pada 7 Oktober ketika Hamas menyerang festival musik tersebut. Seperti yang diamati oleh CTF: 'Peristiwa tahun 1999 tidak dapat dipahami secara terpisah dari periode konflik yang lebih lama yang terjadi di Timor Timur... Sifat kekerasan yang terjadi pada tahun 1999 dibentuk oleh pola konflik sebelumnya'.

Ketidakadilan

Seperti yang ditunjukkan oleh dokumen latar belakang saya yang lebih panjang, Prabowo adalah bagian dari 'pola konflik sebelumnya' ini, termasuk sebagai salah satu penciptanya. Oleh karena itu, dia bertanggung jawab bersama atas nasib ratusan warga sipil yang menderita 'kejahatan terhadap kemanusiaan', sebuah istilah yang dahsyat. Kita tidak berbicara tentang pelanggaran lalu lintas atau kelalaian etiket di sini. Kejahatan ini, yang menghantam inti kemanusiaan yang beradab, termasuk kelaparan, pengusiran paksa (termasuk anak-anak), pemerkosaan, penyiksaan, pembunuhan, penahanan, dan pengusiran paksa.

Sebagian besar warga Indonesia tidak bertanggung jawab atas kelebihan ini. Seperti yang telah saya tulis di tempat lain: 'Kampanye (Indonesia di Timor Timur) ini juga merupakan ketidakadilan bagi mereka. Hidup di bawah rezim otoriter, mereka tidak dikonsultasikan atau diberitahu kebenaran (dan masih belum). Tetapi sebagai warga Indonesia yang patriotik, mereka harus menderita malu atas kecaman internasional untuk peristiwa di luar kendali mereka. Walaupun tidak ada kesalahan mereka sendiri, mereka sebagai sebuah bangsa dan negara yang indah telah ditinggalkan mengalami penurunan'.

Proses pengungkapan kebenaran diperlukan di Indonesia. Saya mengatakan ini dengan sangat menyadari bahwa proses pengungkapan kebenaran untuk meningkatkan kesadaran hanya dimulai sekarang di Australia terkait dampak masa kolonial kami terhadap suku pribumi.

Kekhawatiran yang sangat disayangkan dari proses yang tertunda ini di Indonesia adalah bahwa seseorang yang telah menunjukkan sikap tidak perduli terhadap supremasi hukum, baik dalam negeri maupun internasional, dan dianggap oleh banyak orang sebagai pelaku kejahatan perang, mungkin terpilih sebagai presiden berikutnya Indonesia.

Pat Walsh adalah salah satu pendiri majalah Inside Indonesia dan dulu bekejera sebagai penasihat untuk CAVR (Comissão de Acolhimento, Verdade e Reconciliação) Timor Timur dan badan penerusnya. Backgrounder tentang Prabowo Subianto dapat ditemukan di situs webnya (www.patwalsh.net – termasuk info kontak).

Inside Indonesia 154: Oct-Dec 2023

Latest Articles

Book review: Uncovering Suharto's Cold War

Apr 19, 2024 - VIRDIKA RIZKY UTAMA

Film review: Inheriting collective memories through 'Eksil'

Apr 12, 2024 - WAHYUDI AKMALIAH

A documentary embraced by TikTokers is changing how young people understand Indonesia’s past

Indonesians call for climate action through music

Apr 11, 2024 - JULIA WINTERFLOOD

Self-education and lived experience of the impacts of climate change, are driving a grassroots environmental movement

Book review: Clive of Indonesia

Apr 05, 2024 - DUNCAN GRAHAM

The Jokowi-Luhut alliance

Apr 04, 2024 - JEREMY MULHOLLAND

A business alliance forged in 2008 between Joko Widodo and Luhut Pandjaitan formed the basis for a major axis in his presidency

Subscribe to Inside Indonesia

Receive Inside Indonesia's latest articles and quarterly editions in your inbox.

Bacaan Bumi: Pemikiran Ekologis – sebuah suplemen Inside Indonesia

Lontar Modern Indonesia

Lontar-Logo-Ok

 

A selection of stories from the Indonesian classics and modern writers, periodically published free for Inside Indonesia readers, courtesy of Lontar.